11/14/2016

Bingung memilih Jurusan Kuliah? Yuk Simak Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips tentang Bagaimana Cara Memilih dan Menentukan Jurusan Kuliah agar tidak 'Salah Jurusan' nantinya, tidak sedikit yang menyesali dirinya karena salah masuk jurusan, karena awalnya mereka kira jurusan tersebut menyenangkan baginya namun ditengah jalan malah merasa menjadi beban hidupnya, jangan sampai deh..


Ada beberapa tips yang saya dapat dari berbagai sumber, semoga ini menjadi referensi bagi pembaca semua untuk menentukan jurusan/fakultas apa yang nantinya akan pembaca ambil. Simak tips nya berikut ini :
  1. Kemampuan di Bidang Tersebut
    Pastikanlah kalian memilih jurusan studi kuliah nanti di bidang yang kalian kuasai. Janganlah kalian mengambil resiko besar dalam jurusan hanya karena masalah gengsi dan hal - hal konyol lainnya. Jika dari awal kalian sudah kepayahan dalam hal tersebut maka kalian akan berakhir di 3 pilihan yaitu, kalau tidak mati muda, cepat tua, atau cepat botak! Yah namanya juga makan hati. Jika kalian memiliki keahlian dan minat di bidang teknologi jangan ragu untuk mengambil jurusan sistem informasi atau elektronik. Dengan memilih jurusan studi yang sesuai dengan kemampuan kalian, kalian tentu akan senang dalam menjalani hari - hari masa kuliah kalian. IP tinggi pun akan cenderung mudah didapat karena kalian memang memiliki kemampuan di bidang tersebut.

  2. Apa hobi saya?
    Jika kalian bingung menentukan bakat dan minat, hobi kalian mungkin dapat memberikan petunjuk. Misalnya kalian hobi main game atau menggambar manga, mungkin kalian bisa mempertimbangkan jurusan animasi atau computer game design. Tahukah kalian, animasi adalah salah satu jurusan populer abad ini? - Lihat post mengenai multimedia dan animasi disini -

  3. Ketertarikan dan Minat
    Banyak sekali orang - orang yang mengambil jurusan studi kuliah didasarkan pada prospek kerja di masa depan oleh jurusan studi tersebut. Namun, kalian jangan lupa juga bahwa hal yang paling penting dan mendasar dalam menetukan pilihan jurusan studi kuliah adalah minat dan ketertarikan kalian terhadap bidang tersebut. Jika kalian memiliki ketertarikan akan bidang tersebut maka sepusing - pusingnya kalian, kalian tetap akan menikmatinya dan merasa senang sekaligus bangga. Dengan begitu maka penguasaan materi pun akan terasa mengalir, dan hasilya saat kalian sudah lulus, kalian akan menjadi lulusan yang menguasai teori bidang tersebut dengan baik. kompeten dalam implementasi praktek, siap bersaing secara global, serta memiliki minat ketertarikan yang besar akan bidang tersebut. Nothing to lose, isn't it?

  4. Jangan Ikut-ikutan
    Hal paling mainstream saat memilih jurusan kuliah adalah ikut-ikutan teman. Kenapa saya tidak menyarankan ini? Karena kuliah itu bukan seperti SMA lagi, kuliah itu sangat menentukan masa depan kalian. Jika kalian ikut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah, belum tentu kemampuan kalian dan teman kalian sama, hasilnya juga akan berbeda kedepannya. Selain itu, ikut-ikutan tidak akan membawa kalian maju kedepan, karena yang dibutuhkan untuk bisa maju dan sukses adalah yakin untuk menentukan langkah kita sendiri. Untuk itu, jangan ikut-ikutan saat memilih jurusan kuliah.

  5. Jangan Memilih Jurusan Karena Terpaksa
    Selain ikut-ikutan, jangan memilih jurusan karena terpaksa. Karena hidup yang diselimuti oleh keterpaksaan akan membuat hidup kalian tidak bahagia. Mungkin rasa terpaksa ini pernah kalian rasakan saat masih di sekolah, seperti terpaksa bangun pagi, terpaksa buat PR dsb, tentu saja rasanya gak enak bukan? Sekarang coba bayangkan kalian kuliah secara terpaksa dan bekerja secara terpaksa. Tentu itu akan cepat membuat kalian mudah lelah dan stres, apalagi hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang. Untuk itu pilihlah jurusan yang memang kalian minati.

  6. Jangan Memilih Jurusan Karena Iseng/Coba-coba
    Kuliah itu merupakan salah satu bentuk investasi untuk hidup kalian di masa depan, dan untuk berinvestasi tidak membutuhkan dana yang sedikit. Maka dari itu, pikirkanlah matang-matang bagaimana kalian ingin menginvestasikan diri kalian kedepannya agar uang dan waktu kalian tidak terbuang sia-sia.

  7. Konsultasi dengan Orang TuaBerkonsultasi tentang jurusan kuliah dengan orang tua sangatlah penting, karena orang tua itu pernah mengalami masa perkuliahan dan masa bekerja. Kadang orang tua menyarankan kita untuk memilih jurusan yang kurang sesuai minat atau bakat kita, disitulah gunanya berdiskusi. Selain saling bertukar pikiran, berdiskusi dengan orang tua juga akan menghindari kalian dari kuliah secara terpaksa.

  8. Faktor Uang
    Ini bisa jadi merupakan faktor yang tidak bisa kalian sangkal. Sebaiknya kalian harus perhitungkan masalah uang dalam memilih jurusan studi kuliah kalian. Kalian harus menghitung kira - kira apakah kalian sanggup dengan biaya kuliah di universitas tersebut? Terlebih lagi jika kalian memilih untuk kos, maka biaya hidup di kos tentu harus dipertimbangkan juga. Namun, kalian juga harus tahu bahwa faktor uang bukanlah segalanya! Jangan sampai karena faktor uang, lalu kalian menutup diri dari minat dan panggilan jiwa kalian terhadap jurusan studi tersebut. Kalian bisa mencari kemungkinan beasiswa dari jurusan yang akan kalian pilih tersebut. Uang dan ilmu, tetaplah lebih penting ilmu!

  9. Komitmen
    Ini juga sebaiknya kalian masukkan dalam aspek pertimbangan kalian dalam memilih jurusan studi kuliah kalian. Pertanyaan yang harus kalian jawab adalah seberapa jauhkah kalian berkomitmen untuk jurusan studi kuliah tersebut? Apa kalian yakin mau mengorbankan waktu kuliah kalian demi mempelajari ilmu tersebut? Apa kalian cukup sabar dalam menyelesaikan jurusan studi kuliah yang kalian pilih hingga memperoleh sarjana? Pastikanlah kalian akan selalu berkomitmen sebelum menentukkan jurusan.

  10. Pilihan Alternatif
    Dalam memilih jurusan kuliah jangan hanya berpatok dengan satu pilihan saja (kecuali kalian memang yakin pasti mendapatkannya), melainkan harus ada beberapa pilihan alternatif, yang penting masih kalian minati. Karena untuk bisa masuk di universitas dan jurusan yang kalian inginkan, khususnya di Indonesia, gak mudah dan banyak saingannya. Jadi kalau pilihan pertama tidak berhasil kalian tidak akan kebingungan, karena masih ada pilihan alternatif lainnya.
Sekian Tips dari saya mengenai Cara Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, semoga menjadi bahan referensi kalian yang bermanfaat. See you next post!

Mulai menulis blog sejak tahun 2012. Saat ini sedang disibukkan dengan karir dibidang IT nya.

Komentar yang mengandung spam / link aktif akan secara otomatis disembunyikan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan jika pertanyaan telat ataupun tidak terbalas karena keterbatasannya waktu. Silahkan hubungi kami di menu Contact Us. Terimakasih
EmoticonEmoticon